1. Upaya Indonesia Menjalin Kerja Sama Antarnegara Bidang Sosial Budaya
Indonesia merupakan negara yang sangat kaya dengan keanekaragaman budaya. Indonesia terdiri atas berbagai suku. Setiap suku memiliki perbedaan dan keunikan sendiri. Keanekaragaman budaya Indonesia dapat dilhat dari adat isitiadat, bahasa, pakaian, arsitektur bangunan, dan kesenian daearah. .HDQHNDUDJDPDQ LQL PHQMDGL NHXQJJXODQ WHUVHQGLUL \DQJ GDSDW GLPDQIDDWNDQ untuk meningkatkan kerja sama internasional khususnya dalam bidang sosialEXGD\D %DJDLPDQD XSD\D ,QGRQHVLD PHPDQIDDWNDQ NHXQJJXODQ LWX XQWXN menjalin kerja sama antarnegara bidang sosial-budaya? Lakukan kegiatan berikut untuk menemukan jawaban!
1. Buatlah kelompok dengan anggota 3-4 orang! “Soirée Musicale et Danses Indonésiennes” di Balai kota Paris
Kegiatan “Soirée Musicale et Danses Indonésiennes” (Malam Musik dan Tari Indonesia) dihadiri oleh Wakil Walikota Paris, Duta Besar RI, dan 200 orang undangan yang terdiri atas para pejabat Balai Kota dan masyarakat di lingkungan Kota Paris. Wakil Walikota Paris dalam sambutannya menyampaikan apresiasi dan rasa gembira atas inisiatif KBRI Paris untuk mengadakan pentas budaya Indonesia di Balai Kota Paris dan menggarisbawahi tentang pentingnya Indonesia di mata pemerintah Prancis dalam kerja sama di berbagai bidang. Duta Besar RI dalam sambutan balasan menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada pemerintah Kota Paris yang telah bersedia bekerja sama dalam pentas budaya Indonesia. Kegiatan ini bertujuan memperkuat persahabatan antarwarga dan memperkenalkan potensi budaya Indonesia kepada warga setempat. Kegiatan diawali permainan gamelan dan diikuti dengan Tari Pendet sebagai tarian selamat datang serta Tari Gambyong. Selanjutnya, ditampilkan paduan suara yang membawakan beberapa lagu daerah Indonesia, di antaranya Sik-Sik Batu Manikam
Aktivitas Kelompok
179Ilmu Pengetahuan Sosial
Aktivitas Kelompok
1. Buatlah kelompok dengan anggota 3-4 orang!
Memperkenalkan keanekaragaman budaya Indonesia ke dunia merupakan salah satu cara untuk menjalin kerja sama dalam bidang sosial-budaya. Upaya memperkenalkan keanekaragaman budaya Indonesia bukan hanya tanggung jawab pemerintah. Kamu juga dapat berpartisipasi memperkenalkan NHDQHNDUDJDPDQ WHUVHEXW PHQJJXQDNDQ VDUDQD WHNQRORJL LQIRUPDVL 0LVDOQ\D kamu membuat tulisan tentang tempat wisata seperti Candi Borobudur atau tempat wisata yang ada di daerahmu. Kemudian, tulisan itu kamu publikasikan melalui jaringan internet. Dengan demikian, kamu telah berpartisipasi memperkenalkan keanekaragaman budaya Indonesia ke dunia internasional. Kerja sama sosial-budaya antarnegara mencakup kerja sama bidang kebudayaan, kemanusiaan, pendidikan, ilmu pengetahuan, kesehatan, LQIRUPDVL GDQ WHOHNRPXQLNDVL OLQJNXQJDQ KLGXS SHQDQJJXODQJDQ EHQFDQD alam, dan lainnya.
2. Selesai membaca, diskusikan hal-hal berikut bersama teman-teman satu kelompok! Apa hubungan kegiatan “Soirée Musicale et Danses Indonésiennes” dan upaya menjalin kerja sama internasional dalam bidang sosial budaya? $SD PDQIDDW \DQJ GLSHUROHK ,QGRQHVLD PHODOXL NHJLDWDQ WHUVHEXW" Apa upaya lain yang dapat dilakukan untuk menjalin kerja sama internasional dalam bidang sosial budaya?
3. Tulis kesimpulan hasil diskusi!
4. Presentasikan di depan kelas!
dan Yamko Rambe Yamko. Persembahan lagu ini mendapatkan sambutan sangat meriah dari para penonton. Untuk memberikan apresiasi, para penonton memberikan long applause (tepuk tangan panjang yang meriah).
Setelah persembahan musik dan tari, kegiatan dilanjutkan dengan acara makan yang memperkenalkan makanan ringan khas Indonesia seperti Lemper Gulung, Kroket Kari dan Dadar Gulung.
Sumber: www.kemlu.go.id/paris/Pages/Embassies dengan pengubahan seperlunya
180 SMP/MTs Kelas IX
2. Lembaga Kerja Sama Antarnegara Bidang Sosial Budaya
a. Komite Kerja Sama Sosial-Budaya ASEAN
Kerja sama negara-negara anggota ASEAN untuk bidang sosial ditangani oleh Komite Pengembangan Sosial &RPPLWWHH RQ 6RFLDO 'HYHORSPHQW &26' . Adapun untuk bidang kebudayaan ditangani oleh dua komite, yaitu Komite Kebudayaan dan Penerangan &RPPLWWHH RQ &XOWXUH DQG ,QIRUPDWLRQ &2&, dan Komite Ilmu Pengetahuan dan Teknologi &RPPLWWHH RQ 6FLHQFH DQG 7HFKQRORJ\ &267
b. Organisasi Menteri-Menteri Pendidikan Asia Tenggara
Sebelum ASEAN dibentuk, kerja sama regional di Asia Tenggara berupa Organisasi Menteri-Menteri Pendidikan Asia Tenggara (South East Asian Ministers of Education Organization-SEAMEO) sudah didirikan. Organisasi ini merupakan organisasi menteri-menteri pendidikan Asia Tenggara. Tujuannya untuk meningkatkan kerja sama antarbangsa di wilayah regional Asia Tenggara. Bidang kerja sama SEAMEO adalah dalam bidang pengembangan ilmu pengetahuan, pendidikan, dan kebudayaan.
Sumber: http://indonesia.org.vn dan http://1.bp.blogspot.com Gambar 3.21 Logo dan beberapa kegiatan Seameo SEAMEO ini didirikan pada tahun 1974. Anggotanya menteri pendidikan dari negara Asia Tenggara, yaitu Indonesia, Kamboja, Laos, Malaysia, Filipina, 6LQJDSXUD 7KDLODQG GDQ 9LHWQDP .HPXGLDQ 9LHWQDP GDQ /DRV WLGDN DNWLI lagi dalam kegiatan SEAMEO karena permasalahan dalam negeri masingmasing.
181Ilmu Pengetahuan Sosial
Kegiatan SEAMEO diselenggarakan melalui pusat kegiatan regional yang berkedudukan di beberapa negara anggota. Pusat-pusat kegiatan regional tersebut adalah sebagai berikut. (1) 5HJLRQDO &HQWUH IRU 7URSLFDO %LRORJ\ %,27523 berkedudukan di Indonesia. (2) 5HJLRQDO &HQWUH IRU (GXFDWLRQ 6FLHQFH DQG 0DWKHPDWLFV 5(&6$0 berkedudukan di Malaysia. (3) 5HJLRQDO (QJOLVK /DQJXDJH &HQWUH 5(/& berkedudukan di Singapura. (4) 5HJLRQDO &HQWUH IRU *UDGXDWH 6WXG\ DQG 5HVHDUFK LQ $JULFXOWXUH 6($5&$ berkedudukan di Los Banos, Filipina. (5) 5HJLRQDO &HQWUH IRU (GXFDWLRQDO ,QQRYDWLRQ DQG 7HFKQRORJ\ ,1127(&+ semula berkedudukan Vietnam, kemudian pindah ke Thailand
c. WHO :+2 (World Health Organization) adalah salah satu badan PBB yang EHUWLQGDN VHEDJDL NRRUGLQDWRU NHVHKDWDQ LQWHUQDVLRQDO :+2 GLGLULNDQ SDGD WDQJJDO $SULO GDQ EHUNHGXGXNDQ GL -HQHZD .HJLDWDQ XWDPD :+2 adalah mengatur usaha-usaha internasional untuk mengendalikan penyebaran penyakit menular, seperti SARS, malaria, tuberkulosis, ÀX EDEL GDQ +,9 AIDS :+2 MXJD PHQVSRQVRUL SURJUDP SURJUDP \DQJ EHUWXMXDQ PHQFHJDK dan mengobati berbagai macam penyakit yang menyebar di dunia.
d. UNESCO UNESCO 8QLWHG 1DWLRQV (GXFDWLRQDO 6FLHQWL¿F DQG &XOWXUH Organization) merupakan badan khusus PBB yang didirikan pada tanggal 4 November 1946. Tujuan UNESCO adalah mendukung perdamaian dan keamanan dengan mempromosikan kerja sama antarnegara melalui pendidikan, ilmu pengetahuan, dan budaya dalam rangka meningkatkan rasa saling menghormati yang berlandaskan kepada keadilan, peraturan hukum, +$0, dan kebebasan hakiki. UNESCO memiliki anggota 191 negara. Organisasi ini bermarkas di Paris, Perancis, dengan 50 kantor wilayah serta beberapa institut dan pusat di seluruh dunia.
182 SMP/MTs Kelas IX
e. UNICEF
Sumber: http://www.un.org.lb, http://www.unicef.org.hk, dan http://www.gucci.com Gambar 3.22 Kegiatan UNICEF di berbagai negara
UNICEF 8QLWHG 1DWLRQV ,QWHUQDWLRQDO &KLOGUHQ (PHUJHQF\ )XQG merupakan Badan PBB untuk anak-anak yang didirikan oleh Majelis Umum PBB pada tanggal 11 Desember 1946 dan berkedudukan di Kota New York, Amerika. UNICEF memberikan bantuan kemanusiaan dan perkembangan jangka panjang kepada anak-anak dan ibunya di negara-negara anggota PBB. UNICEF merupakan lembaga yang didanai secara sukarela. Oleh karena itu, lembaga ini bergantung pada sumbangan dari pemerintah dan pribadi. Kegiatan utamanya menekankan pengembangan pelayanan masyarakat untuk mempromosikan kesehatan dan kesejahteraan anak-anak. UNICEF memiliki 41 anggota yang dipilih oleh Dewan Ekonomi dan Sosial PBB untuk masa tiga tahun berdasarkan pembagian kawasan.
183Ilmu Pengetahuan Sosial
f. UNHCR 81+&5 8QLWHG 1DWLRQV +LJK &RPPLVLRQHU IRU 5HIXJHHV merupakan badan PBB yang didirikan pada tanggal 14 Desember 1950 dan bermarkas di Jenewa, Swis. Organisasi ini bertujuan melindungi dan memberikan bantuan kepada pengungsi berdasarkan permintaan negara anggota atau perintah PBB untuk mendampingi para pengungsi tersebut dalam proses pemindahan tempat PHQHWDS .HJLDWDQ XWDPD 81+&5 DGDODK PHQJRRUGLQDVLNDQ ODQJNDK ODQJNDK internasional untuk melindungi pengungsi dan menyelesaikan permasalahan pengungsi di seluruh dunia.
3. Peran Indonesia dalam Kerja Sama Antarnegara Bidang Sosial Budaya ,QGRQHVLD DNWLI LNXW VHUWD GDODP EHUEDJDL NHJLDWDQ NHUMD VDPD VRVLDO budaya internasional, baik pada tingkat regional ASEAN atau tingkat dunia. Keikutsertaan tersebut adalah sebagai berikut.
a. Peserta dan Tuan Rumah Berbagai Kompetisi Ilmu Pengetahuan ,QGRQHVLD DNWLI LNXW GDODP EHUEDJDL NRPSHWLVL LOPX SHQJHWDKXDQ internasional seperti Olimpiade Fisika Internasional (International Physics Olympiad), Olimpiade Biologi Internasional (International Biology Olympiad), Kontes Robot Internasional. Dalam ajang kompetesi tersebut, para pelajar dan mahasiswa Indonesia sering kali berhasil memperoleh prestasi yang membanggakan. Misalnya, dalam Kompetesi Robot Internasional yang diselenggarakan di Connecticut, Amerika Serikat pada tanggal 5-6 April 2014, Indonesia berhasil menjadi juara pertama pada semua kategori yang diperlombakan. Keberhasilan ini membuktikan kepada dunia bahwa pelajar dan mahasiswa Indonesia mampu bersaing dengan negara-negara di dunia ini.
Sumber: www.kemdiknas.go.id Gambar 3.23 Pembukaan kegiatan International Biology Olympiad oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI.
184 SMP/MTs Kelas IX
6HODLQ DNWLI VHEDJDL SHVHUWD ,QGRQHVLD MXJD PHQMDGL WXDQ UXPDK XQWXN kompetisi ilmu pengetahuan internasional. Indonesia menjadi tuan rumah Olimpiade Biologi Internasional (International Biology Olympiad-IBO) ke25 yang diselenggarakan di Bali pada bulan Juli 2014. Dalam olimpiade ini, pelajar-pelajar Indonesia kembali menoreh prestasi dengan meraih 3 medali emas dan 1 medali perak.
b. Aktif dalam Program Pertukaran Pelajar
Program pertukaran pelajar merupakan salah satu bentuk kerja sama dalam bidang pendidikan. Melalui kegiatan ini, pelajar dapat meningkatkan penguasaan bahasa asing dan memperdalam ilmu yang dipelajari. Pelajar Indonesia yang ingin melanjutkan pendidikan ke berbagai universitas di luar negeri dapat mengikuti program ini. Banyak negara yang dapat dipilih untuk melanjutkan pendidikan, mulai negara-negara di kawasan ASEAN seperti Singapura, Malaysia, atau negara-negara di kawasan Eropa seperti Inggris, Belanda, hingga negara-negara di kawasan Timur Tengah seperti Mesir, dan Sudan. Selain mengirimkan pelajar, Indonesia juga menerima pelajar-pelajar dari luar negeri yang ingin melanjutkan pendidikan di Indonesia.
c. Peserta dan Tuan Rumah Berbagai Ajang Olahraga Internasional ,QGRQHVLD MXJD DNWLI GDODP EHUEDJDL NHJLDWDQ DMDQJ RODKUDJD GXQLD VHSHUWL SEA Games, ASEAN Games, Thomas dan Uber Cup, Olimpade. Seperti halnya kompetisi ilmu pengetahuan, atlet-atlet Indonesia juga banyak meraih prestasi. Misalnya, dalam kejuaraan bulu tangkis, atlet Indonesia sering menjuarai berbagai kejuaraan. Selain menjadi peserta, Indonesia juga menjadi tuan rumah untuk ajang tersebut. Contohnya, Indonesia menjadi tuan rumah SEA Games yang diselenggarakan di Palembang.
Sumber: https://lh3.googleusercontent.com Gambar 3.24 Logo Seagames ke-26 di Palembang
185Ilmu Pengetahuan Sosial
d. Berperan aktif dalam Kegiatan Kebudayaan Internasional
Sebagai negara yang memiliki kekayaan keanekaragaman budaya, ,QGRQHVLD DNWLI GDODP NHJLDWDQ NHEXGD\DDQ LQWHUQDVLRQDO 6DODK VDWX kegiatan yang dilakukan adalah mengirim tim kesenian untuk mengikuti dan mempromosikan kesenian dan budaya Indonesia ke berbagai negara di dunia.
e. Memberikan Bantuan Kemanusiaan
Sumber: www.jpnn.com, www.islamedia.com Gambar 3.25 Bantuan kemanusiaan dari Indonesia untuk Filipina dan Palestina.
Dalam bidang kemanusiaan, Indonesia mengirimkan bantuan kepada QHJDUD QHJDUD \DQJ GLODQGD EHQFDQD DODP DWDX NRQÀLN &RQWRKQ\D ,QGRQHVLD PHQJLULPNDQ EDQWXDQ NHPDQXVLDDQ XQWXN NRUEDQ WRSDQ +DL\DQ GL )LOLSLQD GDQ EDQWXDQ NHPDQXVLDDQ XQWXN *D]D 3DOHVWLQD %DQWXDQ \DQJ GLNLULPNDQ di antaranya berupa bahan makanan, obat-obatan, pakaian, dan tenaga medis. Selain mengirimkan bantuan, Indonesia juga menerima bantuan kemanusiaan dari negara lain seperti bantuan dari berbagai negara untuk membantu korban tsunami di Aceh.
Sabtu, 05 November 2016
D. Kerja Sama Bidang Sosial Budaya
Share this
Related Articles :
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Paling Dilihat
-
1. Kemajuan pada berbagai bidang kehidupan yang dicapai oleh masyarakat Indonesia hingga saat ini menyebabkan perubahan pola hidup masyarak...
-
JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa mengungkapkan, tahun ini sudah ada satu orang yang ditetapkan sebagai pah...
-
GORONTALO, KOMPAS.com – Gempa bumi sebanyak 138 kali terjadi dalam radius 300 km dari Kota Gorontalo kali mengguncang sepanjang bulan ...
-
Sumber daya alam merupakan pemberian dan anugerah dari Tuhan untuk diolah dan dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya. Sumber daya alam yang ber...
-
Nilai luhur yang dimiliki bangsa Indonesia harus tetap dipertahankan keberadaannya agar tidak tergeser dengan nilai baru yang tidak sesuai d...
-
KAIRO, KOMPAS.com - Salah satu hakim yang menjatuhkan vonis bagi mantan Presiden Mesir Mohamed Morsi, setelah penggulingan pada 2013, l...
-
JAKARTA, KOMPAS.com - Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah mempertanyakan sikap Presiden Joko Widodo yang menyebut kerusuhan di demonstrasi ...
-
Kehidupan manusia tidak dapat dipisahkan dari lingkungannya. Contohnya kita bernapas dari udara dari lingkungan sekitar. Kita makan, minum,...
-
1. Populasi asli Indonesia adalah ras berkulit gelap serta bertubuh kecil dan keturunan dari ras asli ini disebut orang Vedda atau disebut...
-
JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Agama Lukman Hakim Saifudin menegaskan, salah satu karakter Bangsa Indonesia adalah menjaga kerukunan an...
0 komentar
Posting Komentar