Negara-negara di dunia dapat dikelompokkan menjadi negara maju (developed countries), negera berkembang (developing countries), dan negara miskin (less developed countries). Kelompok negara-negara maju seringkali diidentikkan dengan negara yang perkembangan ekonomi dan teknologinya sangat pesat. Namun, sebenarnya aspek sosial budaya juga menunjukkan perbedaan dengan kelompok negara yang belum maju. Sejumlah negara maju di dunia tidak memiliki modal sumber daya alam yang memadai. Kualitas sumber daya manusia menjadi modal utama mereka untuk menjadi negara maju. Namun demikian, ada juga negara yang kaya akan sumber daya alam dan sumber daya manusianya. Marilah kita pelajari negara-negara tersebut sebagai perbandingan dengan Indonesia.
1. &DULODK LQIRUPDVL GDUL EHUEDJDL VXPEHU WHQWDQJ QHJDUD maju. Setiap kelompok menelusuri ciri atau indikator kependudukan, ekonomi, sosial, budaya yang menunjukkan negara tersebut dikelompokkan sebagai negara maju.
2. Tulislah hasilnya pada tabel seperti di bawah ini.
Nama Negara
Ciri Kependudukan
Ciri Ekonomi
Ciri Sosial
Ciri Budaya
Aktivitas Kelompok
44 SMP/MTs Kelas IX
1. Jepang
Lokasi
Apa yang kamu ketahui tentang negara Jepang? Ya, negara ini merupakan salah satu negara industri yang produknya merambah ke berbagai belahan dunia. Setiap hari kita pasti melihat kendaraan bermotor produksi Jepang lalu lalang di jalan-jalan kita sampai ke pelosok negeri. Di manakah negara ini berada? Perhatikanlah peta negara Jepang! Jepang WHUOHWDN GL EDUDW ODXW 6DPXGUD 3DVL¿N 1HJDUD LQL EHUEDWDVDQ GL VHEHODK EDUDW dengan Korea Utara dan Korea Selatan, Rusia, dan China. Di sebelah utara, WLPXU GDQ VHODWDQQ\D EHUEDWDVDQ GHQJDQ 6DPXGUD 3DVL¿N
Sumber: http: Dokumen Kemdikbud Gambar 1.17 Peta Negara Jepang
3. /HQJNDSL FLUL WHUVHEXW GHQJDQ GDWD GDQ LQIRUPDVL \DQJ PHQGXNXQJ
45Ilmu Pengetahuan Sosial
Keadaan Alam
Lokasi wilayah Jepang membuat Jepang memiliki ciri iklim musim dengan perubahan musim yang jelas. Mengingat wilayah Jepang membujur dari utara-selatan, suhu udara bervariasi sesuai dengan lintangnya. Pada musim dingin, suhu udara antara -70 C sampai dengan 70 C. Pada musim panas, suhu udara antara 210 –270 C. Curah hujan di Jepang umumnya tinggi, berkisar antara 840–3.050 mm per tahun. -HSDQJ WHUGLUL DWDV HPSDW SXODX EHVDU \DLWX +RNNDLGR NP2), +RQVKX NP2), Kyushu (42.030 km2), dan Shikoku (18.782 km2). Kepulauan lainnya berukuran lebih kecil. Luas keseluruhan Jepang mencapai 377.835 km2 -HSDQJ WHUOHWDN GL WHSL EDJLDQ EDUDW GDUL 6DPXGUD 3DVL¿N Daerah ini merupakan bagian dari cincin api (ULQJ RI ¿UH) yang terdiri atas banyak gunung api. Setidaknya terdapat 192 gunung api tersebar di negara ini. Salah satu diantaranya merupakan yang tertinggi di Jepang, yaitu Gunung Fuji (3.776 m). Tidak heran jika 25% dari wilayah negara ini tertutup lapisan vulkanik. Walaupun wilayahnya bergunung-gunung, tetapi di Jepang masih ditemukan sejumlah dataran yang sebarannya terbatas.
Sumber: Dokumen Kemdikbud Gambar 1.18 Keadaan Fisik Jepang
46 SMP/MTs Kelas IX
Warna hijau pada peta menggambarkan dataran rendah, sedangkan warna cokelat menggambarkan dataran tinggi dan pegunungan. Makin cokelat warnanya, makin besar ketinggiannya. Selain memiliki banyak gunung api, Jepang juga dikenal sebagai negara yang sering mengalami bencana gempa bumi. Mengapa demikian? Jepang terletak pada daerah perbatasan antara lempeng Benua Asia dan Lempeng 6DPXGUD 3DVL¿N /HPSHQJ %HQXD $VLD WHUDQJNDW NDUHQD EHUDW MHQLVQ\D OHELK ringan sehingga membentuk Kepulauan Jepang. Pertemuan atau tumbukan kedua lempeng tersebut juga menimbulkan gejala gempa dan gunung api. Fenomena tersebut mirip dengan Indonesia yang juga berada pada perbatasan ]RQH WXPEXNDQ /HPSHQJ %HQXD $VLD GHQJDQ /HPSHQJ 6DPXGUD +LQGLD GDQ 6DPXGUD 3DVL¿N Walaupun dikenal sebagai negara industri, ternyata 67% wilayah Jepang masih merupakan hutan. Beberapa jenis tumbuhan yang dapat dijumpai di antaranya adalah pohon ek, kapur barus, bambu, maple, birch, beech, dan poplar +HZDQ GL -HSDQJ WHODK EDQ\DN EHUNXUDQJ 'XOX GL QHJDUD ini, dapat ditemukan babi hutan, monyet, serigala, rusa, dan lain-lain. Namun, kini jumlahnya terus berkurang.
Sumber Daya Alam
Jepang memiliki sumber daya mineral yang sangat terbatas. Oleh karena itu, Jepang sangat bergantung pada bahan mentah dan bahan bakar hasil LPSRU +DVLO WDPEDQJ GDUL GDODP QHJHUL VDQJDW WLGDN FXNXS XQWXN PHPHQXKL kebutuhan industrinya. Beberapa hasil tambang tersebut adalah batu bara (kualitas rendah), timah, seng, mangan, tungsten, antimoni, dan krom. 0LQ\DN EXPL GLWHPXNDQ GL +RQVKX 8WDUD WDSL SURGXNVLQ\D VDQJDW MDXK GDUL kebutuhan. Sumber daya mineral yang cukup terpenuhi adalah belerang. 0HQJDSD GHPLNLDQ" 8QWXN PHQMDZDEQ\D WHOXVXUL LQIRUPDVL WHQWDQJ SURVHV pembentukan belerang dan proses pembentukan pulau-pulau di Jepang. Selain sumber daya mineral, Jepang memiliki sumber daya alam berupa lahan pertanian, hutan, dan perikanan laut. Lahan pertanian umumnya
Perhatikan peta negara Jepang pada Gambar 1.18! *DPEDUNDQODK NHDGDDQ ¿VLN QHJDUD -HSDQJ EHUGDVDUNDQ kenampakan yang ada pada peta tersebut.
Aktivitas Individu
47Ilmu Pengetahuan Sosial
GLPDQIDDWNDQ XQWXN EDKDQ SDQJDQ WHUXWDPD SDGL 6HODLQ LWX GLKDVLONDQ SXOD kentang dan tanaman sayuran seperti lobak, kol, ketimun, tomat, selada, bayam, wortel. Tanaman buah-buahan seperti jeruk dan apel juga ditanam. +DVLO SHUWDQLDQ KDQ\D PHQ\XPEDQJ VHGLNLW VHNDOL WHUKDGDS SHQGDSDWDQ nasional Jepang. Pendapatan Jepang lebih banyak didominasi oleh sektor industri.
Sumber: http://upload.wikimedia.org
Gambar 1.19 Aktivitas pertanian di Jepang sudah dilaksanakan dengan mekanisasi.
Jepang merupakan negara yang penduduknya gemar mengonsumsi ikan. 7LGDN KHUDQ MLND VHNWRU SHULNDQDQ EHUNHPEDQJ SHVDW +DVLO WDQJNDSDQ LNDQQ\D terutama diperoleh dari wilayah pertemuan Arus Laut Dingin Oyashio dan $UXV /DXW +DQJDW .XURVKLR %HEHUDSD MHQLV LNDQ \DQJ GLSHUROHK DGDODK LNDQ saury, bonito, cod, ikan salem, dan ikan trout laut.
(a) (b)
48 SMP/MTs Kelas IX
(c) (d)
Sumber: (a) http://www.ifish.net (b) http://justhungry.com (c) http://sfdatwestmain.com (d) http://www.alaskafishing411.com Gambar 1.20 Beberapa jenis ikan yang ditangkap di wilayah laut sekitar Jepang: (a) Ikan Saury; (b) Ikan COD; (c) Ikan Trout ; (d) Ikan Salem
Keadaan Sosial dan Budaya
Sebagian besar penduduk Jepang bekerja di luar sektor pertanian. Oleh karena itu, 91% penduduknya tinggal di daerah perkotaan (WPDS, 2013). Beberapa kota tumbuh sangat pesat dan menjadi kota besar seperti Tokyo (36.507 juta jiwa), Osaka-Kobe (11.325 juta jiwa), Nagoya (3.257 juta jiwa), Fukuoka-Kitakyushu (2.809 juta jiwa), Sapporo (2.673 juta jiwa) (2009).
KondisL VXPEHU GD\D DODP GL QHJDUD -HSDQJ UHODWLI WHUEDWDV Untuk memenuhi kebutuhan penduduk dan industrinya, negara LQL PHQJLPSRU VXPEHU GD\D DODP 7HOXVXULODK LQIRUPDVL GDUL EHUEDJDL sumber tentang negara–negara yang memasok kebutuhan sumber daya alam ke Jepang serta jenis sumber daya alam yang dipasoknya.
No Jenis Sumber Daya Alam Negara Pemasok 1 2 3 4 5 …
Aktivitas Kelompok
49Ilmu Pengetahuan Sosial
Sumber:
Gambar 1.21 Pemandangan Kota Tokyo sebagai Ibu Kota Negara Jepang
Penduduk Jepang terdiri atas beberapa etnik, tetapi yang dominan adalah etnik Jepang (98,5%), Korea (0,5%), China (0,4%), dan yang lainnya (0,6%). Agama yang dianutnya terdiri atas Shinto (83,9%), Buddha (71,4%), Kristen (2%) dan yang lainnya (7,8%). Persentase totalnya mencapai lebih dari 100% karena banyak penduduk Jepang yang menganut agama Shinto dan juga Buddha. Bangsa Jepang sangat terkenal sebagai bangsa pekerja keras dan disiplin. Mereka mencurahkan segenap perhatian dan komitmennya untuk pekerjaan. Tidak heran jika kualitas hasil pekerjaannya diakui sangat tinggi. Karena itulah, mereka menjadi negara terkemuka dalam bidang industri dan perdagangan walaupun sumber daya alamnya terbatas. Negeri dengan jumlah penduduk 127,3 juta jiwa (WPDS, 2013) atau terbesar ke-10 ini tidak hanya besar dari sisi jumlah, tetapi juga kualitas manusianya. Semangat atau etos kerja dikenal sangat tinggi dan tidak lepas dari beberapa prinsip yang dipegang teguh oleh mereka dalam bekerja. Beberapa prinsip tersebut adalah seperti berikut.
- Prinsip Bushido
Prinsip ini merupakan semangat bekerja keras tak kenal lelah dalam belajar dan bekerja. Prinsip Bushido diturunkan oleh mereka dari generasi ke generasi.
50 SMP/MTs Kelas IX
- Prinsip Samurai
Prinsip mengajarkan tentang harga diri dan tak kenal menyerah. Jika mereka kalah berperang atau bertarung, hara-kiri atau menusukkan pedang ke perut sendiri dilakukan sebagai bentuk harga diri. Saat ini, prinsip tersebut digunakan untuk membangun ekonomi mereka.
- Budaya Keishan %XGD\D NHUMD \DQJ NUHDWLI GDQ LQRYDWLI VHUWD SURGXNWLI PHQXQWXW kesungguhan, kerajinan, minat, dan keyakinan dalam bekerja. Budaya ini juga mendorong munculnya kemauan untuk belajar dari orang lain.
- Prinsip Kai Zen 3ULQVLS .DL =HQ VDQJDW PHQHNDQNDQ SHQWLQJQ\D WHSDW ZDNWX DWDX VHVXDL jadwal dalam bekerja. Jika tidak, akan terjadi keterlambatan sehingga perusahaan dan konsumen akan mengalami kerugian. Intinya, waktu dan biaya harus optimal untuk menghasilkan produk yang berkualitas.
Orang Jepang juga memiliki kebiasaan seperti pembagian yang tegas antara kerja dan istirahat: malu jika pulang kerja lebih cepat, patuh dan loyal SDGD SHUXVDKDDQ 6HPXD SULQVLS GDQ NHELDVDDQ LQL PHQMDGL IDNWRU SHQWLQJ dalam kemajuan bangsa Jepang.
Berbagai kemajuan ekonomi yang telah dicapai membuat bangsa Jepang memiliki keadaan sosial ekonomi yang lebih baik. Berdasarkan data Bank Dunia, PDB per kapita Jepang pada tahun 2013 mencapai angka 38.492 dolar AS. Ini berarti setiap penduduk Jepang memiliki pendapatan sebesar 38.492 dolar AS per tahun.
Keadaan sosial dan ekonomi juga terlihat dari usia harapan hidup warganya. Pada tahun 2013, usia harapan hidup penduduk Jepang mencapai 86 tahun untuk wanita dan 79 tahun untuk pria atau jika keduanya digabung mencapai 83 tahun (WPDS, 2013). Angka tersebut merupakan yang tertinggi di GXQLD 6HPHQWDUD LWX DQJND NHODKLUDQ GL -HSDQJ UHODWLI UHQGDK VHKLQJJD WHUMDGL penurunan jumlah penduduk. Pertumbuhan penduduk Jepang -0,1%, berarti setiap tahun terjadi penurunan jumlah penduduk sebesar 0,1%. Sementara itu, penduduk lanjut usia makin besar jumlahnya karena keadaan kesehatan yang lebih baik.
51Ilmu Pengetahuan Sosial
Sumber: http://cdn.c.photoshelter.com
Gambar 1.22 Penduduk usia lanjut di Jepang cukup besar jumlahnya.
Hubungan dengan Indonesia
Jepang dan Indonesia telah lama menjalin kerja sama dalam bidang ekonomi. Indonesia merupakan eksportir terbesar ke-7 ke Jepang. Posisi pertama China, berikutnya AS, Australia, Arab Saudi, UEA, dan Korea. Sementara itu, Jepang merupakan investor asing terbesar di Indonesia. Sekitar 1.000 perusahaan Jepang beroperasi di Indonesia dengan mempekerjakan sekitar 32.000 pekerja Indonesia (BKPM, 2012). Jumlah tersebut merupakan yang terbesar dibandingkan dengan jumlah perkerja Indonesia di negara lainnya.
Sumber: http://cdn.sindonews.net
Gambar 1.23 Salah satu pabrik kendaraan motor milik Jepang di Indonesia
52 SMP/MTs Kelas IX
Ekspor Indonesia ke Jepang umumnya berupa bahan baku industri dan sumber energi. Beberapa komoditas dari Indonesia yang diekspor ke Jepang di antaranya adalah minyak, gas alam cair, batu bara, tekstil, pulp, udang, mesin, dan tekstil. Indonesia mengimpor komoditas dari Jepang di antaranya berupa mesin-mesin dan suku cadang, baja, perlengkapan listrik, plastik dan kimia, alat transportasi, suku cadang mobil, dan elektronik. Untuk mendorong perdagangan dan investasi, pemerintah kedua negara menandatangani persetujuan yang disebut Economic Partnership Agreement (EPA). +XEXQJDQ SROLWLN ,QGRQHVLD GDQ -HSDQJ WHODK EHUODQJVXQJ ODPD -HSDQJ pernah menjajah Indonesia pada tahun 1942-1945. Setelah itu, kedua negara VLEXN PHPSHUEDLNL NHDGDDQ DNLEDW SHUDQJ +XEXQJDQ NHGXD QHJDUD WHUMDOLQ lagi secara resmi pada tahun 1958 melalui penandatangan perjanjian damai ,QGRQHVLD GDQ -HSDQJ +XEXQJDQ NHGXD QHJDUD EHUMDODQ ODQFDU GDQ KDUPRQLV karena kedua negara menyadari besarnya potensi keuntungan yang bisa diperoleh kedua negara karena hubungan tersebut. Jepang melihat posisi strategis hubungan dengan Indonesia dan negara di Asia Tenggara lainnya. Beberapa keuntungan tersebut adalah seperti berikut. 1. Jaminan keamanan lalu lintas ekspor Jepang ke negara lain.
2. Posisi negara lepas pantai terhadap negara daratan.
3. Sumber bahan mentah dan energi bagi industri Jepang.
4. Daerah pemasaran berbagai hasil produksi Jepang.
Peran penting Jepang bagi Indonesia tidak hanya sebatas ekonomi, tetapi juga pendidikan. Jumlah mahasiswa Indonesia di Jepang mencapai sekitar 3.000 orang. Jepang juga membantu Indonesia dalam pengembangan LQIUDVWUXNWXU GDQ EDQWXDQ \DQJ VLIDWQ\D VRVLDO VHSHUWL EDQWXDQ SHQDQJDQDQ korban bencana alam.
Kamu telah mempelajari negara Jepang sebagai salah satu negara maju di dunia. Berdasarkan uraian materi yang telah kamu baca, tulislah sejumlah ciri yang menempatkan Jepang sebagai negara maju!
1. ………………………………………………………..
Aktivitas Individu
53Ilmu Pengetahuan Sosial
2. Amerika Serikat
Lokasi
Amerika Serikat merupakan salah satu negara di Benua Amerika. Negara LQL EHUEDWDVDP GHQJDQ .DQDGD GL VHEHODK XWDUD 6DPXGUD 3DVL¿N GL VHEHODK barat, Samudra Atlantik di sebelah timur serta Meksiko, Teluk Meksiko, dan Kuba di sebelah selatan. Amerika Serikat juga memiliki negara bagian yang terpisah dari daratan utamanya yaitu Alaska yang terletak di barat laut Kanada. Perhatikan Gambar 1.24 pada halaman selanjutnya. Apa yang kamu ketahui tentang Amerika Serikat? Mengapa Amerika dapat menjadi negara maju? Amerika Serikat merupakan salah satu negara maju di dunia. Bahkan, selain dikenal sebagai negara maju, Amerika Serikat juga dikenal sebagai negara adidaya karena memiliki kekuatan militer paling maju di dunia. Tidak heran jika negara ini sangat berpengaruh dalam hubungannya dengan negara lain.
2. …………………………………………………………..
3. …………………………………………………………. dst
Buatlah sebuah kesimpulan tentang kunci sukses Jepang menjadi negara maju pada tempat yang telah disediakan di bawah ini.
Kesimpulan:
…………………………………………………………………… …………………………………………………………………………… …………………………………………………………………………… ……………………………………………………………………………
54 SMP/MTs Kelas IX
Sumber: http: Dokumen Kemdikbud Gambar 1.24 Lokasi Negara Amerika Serikat
55Ilmu Pengetahuan Sosial
Amerika Serikat atau dikenal dengan nama Negeri Paman Sam merupakan VHEXDK QHJDUD IHGHUDO \DQJ PHQFDNXS QHJDUD EDJLDQ 6HWLDS QHJDUD EDJLDQ memiliki parlemennya masing-masing yang memegang kekuasaan pada tingkat lokal. Wilayah daratannya ditempati oleh 48 negara bagian yang saling berbatasan di Amerika Utara. Alaska yang berbatasan dengan wilayah barat .DQDGD GDQ +DZDLL GL .HSXODXDQ 3DVL¿N DGDODK GXD QHJDUD EDJLDQ ODLQQ\D yang terpisah dari daratan utama. Sebaran negara bagian di Amerika Serikat dapat dilihat pada peta berikut ini.
Sumber: http: Dokumen Kemdikbud Gambar 1.25 Negara Bagian di Amerika Serikat
Keadaan Alam 6HFDUD ¿VLN ZLOD\DK $PHULND 6HULNDW WHUGLUL DWDV GXD UDQJNDLDQ pegunungan besar, yaitu Pegunungan Rocky (Rocky Mountain) di bagian barat dan Pegunungan Applachia di bagian timur. Pegunungan Rocky memiliki beberapa puncak yang umumnya tidak terlalu tinggi. Beberapa puncak tertingginya mencapai lebih dari 4.000 m dpal. Pegunungan Apalachia di bagian timur membentang hampir sejajar Samudra Atlantik sejauh 2.400 km.
56 SMP/MTs Kelas IX
Sumber: http://www.jalanjalanyuk.com Gambar 1.26 Pegunungan Rocky
Di antara kedua pegunungan tersebut, terletak dataran yang sangat luas. Sejumlah sungai mengalir melewati dataran tersebut dengan sungai terbesarnya adalah Sungai Missisipi. Sungai Missisipi (3.734 km) merupakan sungai terpanjang kedua di Amerika Serikat setelah Sungai Missouri (3.768 km). Di bagian utara yang berbatasan dengan Kanada, terdapat sejumlah danau besar (Great Lakes). Danau besar tersebut adalah Danau Michigan, Danau +XURQ 'DQDX 6XSHULRU 'DQDX (ULH GDQ 'DQDX 2QWDULR
Sumber: http://funny-pictures.picphotos.net Gambar 1.27 Danau Michigan yang di salah satu tepinya berdiri Kota Michigan
57Ilmu Pengetahuan Sosial
Sumber Daya Alam
Amerika Serikat merupakan negara maju yang kaya akan sumber daya DODP %HEHUDSD GL DQWDUDQ\D DGDODK EDWX EDUD PLQ\DN EXPL WHPEDJD SRVIDW timah, dan besi. Bahkan, kekayaan batu bara Amerika Serikat mencapai seperlima atau 27% dari cadangan batu bara dunia (www.indexmundi.com, 2013). Amerika juga memiliki bahan tambang yang jarang ditemukan seperti uranium, bauksit, emas, perak, merkuri, nikel, potash, besi, gas alam, dan kayu-kayuan. Wilayah datarannya yang terbentang luas juga cukup subur dan ditanami tanaman sereal, terutama jagung serta dijadikan daerah peternakan. Selain sumber daya alam tersebut, Amerika juga dikaruniai sumber daya alam berupa wilayah yang sangat luas yang berbatasan dengan dua samudra EHVDU \DLWX 6DPXGUD $WODQWLN GDQ 6DPXGUD 3DVL¿N VHKLQJJD ELVD PHPEXDW banyak pelabuhan dan hasil laut yang berlimpah. Panjang pantai Amerika mencapai 95.471 mil sehingga mudah untuk diakses dari arah laut. Tidak heran jika banyak pendatang (imigran) dari berbagai negara datang ke negara ini dan membuat penduduk Amerika cukup beragam dari sisi ras. Amerika juga dikaruniai lahan subur yang sangat luas terutama di dataran luas di bagian tengah (great plains) sehingga mampu menghasilkan berbagai produk pertanian yang sangat banyak jumlahnya. Oleh karena itu, negara ini dikenal sebagai pengekspor hasil pertanian, seperti gandum dan jagung. Danau-danau yang ada di wilayah ini juga menghasilkan ikan air tawar yang berlimpah.
Keadaan Sosial Ekonomi
Lama sebelum kedatangan orang-orang Eropa, Benua Amerika telah dihuni oleh penduduk asli yang dikenal sebagai suku Indian. Tidak secara pasti bisa diketahui dari mana asal penduduk asli tersebut. Sejumlah ahli sejarah memberikan analisisnya dengan menjelaskan bahwa mereka berasal dari Eurasia melewati Beringia yang menghubungkan Siberia Alaska selama =DPDQ (V 'LSHUNLUDNDQ PHUHND PXODL EHUPLJUDVL WDKXQ \DQJ ODOX Bangsa Eropa kemudian datang dan bermukim di Amerika. Alasan orang Eropa, khususnya Inggris, datang ke Amerika umumnya adalah seperti berikut. 1. Alasan ekonomi, orang Eropa membutuhkan banyak lahan dengan munculnya Revolusi Industri. Sistem ekonominya berubah dari peternakan ke pertanian, kemudian ke industri.
2. Alasan politik, sebagian orang Inggris tidak setuju dengan pemerintah Inggris sehingga mencari perlindungan ke negara lain, khususnya ke Amerika.
58 SMP/MTs Kelas IX
3. Alasan agama, sebagian orang Eropa mencari tempat untuk menjalankan agama secara bebas tanpa tekanan pemerintah.
Bangsa Prancis yang bermigrasi ke Amerika juga terjadi karena adanya tekanan dari kaum Katolik terhadap kaum Protestan. Sebagian kaum Protestan akhirnya memilih untuk pergi ke Amerika. Kedatangan bangsa Inggris ke Amerika, selain karena alasan agama, juga karena kondisi di Inggris yang makin memburuk setelah terjadinya Revolusi Industri. Mesin pabrik telah menggantikan pekerjaan yang sebelumnya dilakukan oleh manusia sehingga terjadi banyak pengangguran. Pemerintah Inggris juga melakukan penindasan kepada bangsa Ir atau Irlandia yang menyebabkan kemudian mereka pindah ke Amerika untuk menghindari tekanan politik, ekonomi, dan agama. Pada tahun 2013, penduduk Amerika Serikat mencapai 316,2 juta jiwa (WPDS, 2013). Penduduk asli Amerika Serikat adalah suku Indian. Kedatangan bangsa Eropa sejak abad ke-17 membuat suku ini terpinggirkan GDUL VLVL MXPODK PDXSXQ NRQGLVL VRVLDO HNRQRPLQ\D +DQ\D GL EHEHUDSD ORNDVL saja dapat dijumpai suku Indian. Kini, negara ini terdiri atas paduan dari berbagai etnik dan budaya, terurama Eropa. Sekitar 69 % penduduk Amerika 6HULNDW DGDODK NHWXUXQDQ (URSD NHWXUXQDQ FDPSXUDQ $PHULND $IULND 12% penduduk hispanik, 4% keturunan Asia, dan sisanya 2% penduduk asli Amerika. Dukungan sumber daya alam yang berlimpah dan kualitas sumber daya manusia yang tinggi, membuat negara ini menjadi salah satu negara industri terbesar di dunia. Ini berarti banyak peluang kerja tercipta dan meningkatkan pendapatan penduduknya. Pendapatan per kapita penduduk Amerika Serikat pada tahun 2013 mencapai 53.143 dolar AS. Namun, sistem kapitalisme di negara ini membuat ketimpangan ekonomi antarwarga negaranya. Orang kaya menjadi sangat kaya, berbeda jauh dengan kelompok penduduk yang miskin. Sebagian besar (34,9%) penduduk Amerika Serikat bekerja di sektor PDQDMHULDO SURIHVLRQDO GDQ WHNQLN %HULNXWQ\D VHFDUD EHUWXUXW WXUXW DGDODK SHNHUMD GL VHNWRU SHQMXDODQ GDQ SHUNDQWRUDQ PDQXIDNWXU WUDQVSRUWDVL keahlian (22,9%), sektor jasa lainnya (16,5%), pertanian, kehutanan, dan perikanan (0,7%). (NationMaster, 2006). Ini berarti bahwa hanya sebagian kecil penduduknya yang bekerja di sektor yang terkait langsung dengan SHPDQIDDWDQ VXPEHU GD\D DODP VHSHUWL SHUWDQLDQ NHKXWDQDQ GDQ SHULNDQDQ
Hubungan dengan Indonesia
Amerika Serikat merupakan mitra dagang terbesar keempat Indonesia setelah Jepang, China, dan Singapura. Pada tahun 2010, nilai perdagangan Indonesia-Amerika Serikat mencapai 23 miliar dolar AS. Komoditas
59Ilmu Pengetahuan Sosial
perdagangan yang diekspor dari Indonesia adalah getah karet, getah perca, alas kaki, mesin listrik, tekstil, pakaian jadi, barang elektronik, barang hasil industri pakaian, mebel dan perkakas. Sementara itu, ekspor Amerika Serikat ke Indonesia berupa pesawat terbang. +XEXQJDQ SROLWLN ,QGRQHVLD $PHULND 6HULNDW GDODP ELGDQJ SROLWLN mengalami pasang surut. Pada masa Presiden Soekarno, hubungan IndonesiaAmerika sempat memburuk karena Amerika Serikat dianggap negara kapitalis. +XEXQJDQ WHUVHEXW SXOLK SDGD PDVD 3UHVLGHQ 6RHKDUWR GDQ NHPXGLDQ VHPSDW PHQJDODPL SHQXUXQDQ SDGD PDVD 5HIRUPDVL GHQJDQ DGDQ\D HPEDUJR PLOLWHU terhadap Indonesia. Pada tahun 2005, embargo militer dicabut dan selanjutnya hubungan Indonesia-Amerika Serikat makin membaik. Saat ini, telah GLOXQFXUNDQ NHPLWUDDQ \DQJ PHQ\HOXUXK DWDX NRPSUHKHQVLI &RPSUHKHQVLYH Partnership) berupa panduan kerja sama RI-AS di bidang demokrasi dan masyarakat sipil, iklim dan lingkungan, perdagangan dan investasi, isu keamanan dan energi. +XEXQJDQ ,QGRQHVLD GDQ $PHULND 6HULNDW MXJD WHUMDOLQ GDODP ELGDQJ pendidikan. Banyak mahasiswa Indonesia yang belajar di Amerika Serikat. Pada tahun 1952, Amerika Serikat memberikan program beasiswa Fulbright. Amerika memberikan kebebasan maupun keringanan biaya kuliah dan biaya hidup. Kementerian Luar Negeri Indonesia dan American Indonesian Exchange Foundation (AMINEF) juga melakukan kerja sama untuk meningkatkan kemampuan diplomat Indonesia. Di bidang kebudayaan, Kedutaan Besar Amerika Serikat di Jakarta membuka Pusat Kebudayaan Amerika Serikat. Mereka yang mengunjungi SXVDW NHEXGD\DDQ WHUVHEXW GDSDW PHPEHULNDQ LQIRUPDVL WHQWDQJ FDUD KLGXS masyarakat Amerika Serikat.
Kamu telah mempelajari Amerika Serikat sebagai salah satu negara maju di dunia. Carilah informasi dari berbagai sumber tentang indikator Amerika Serikat dikelompokkan sebagai negara maju. Tulislah hasil penelusuran tersebut dalam bentuk laporan. Lengkapi uraian pada laporan dengan gambar.
Aktivitas Individu
60 SMP/MTs Kelas IX
3. Inggris
Lokasi ,QJJULV WHUOHWDN GL %HQXD (URSD \DQJ VHFDUD JHRJUD¿V EHUEDWDVDQ GL XWDUD dengan Samudra Atlantik, di sebelah barat dengan Irlandia dan Samudra Atlantik, di sebelah timur dengan Laut Utara, dan di sebelah selatan dengan Selat English Channel. Luas wilayah Inggris mencapai 244.110 km2 meliputi wilayah England, Scotlandia, Wales, Irlandia Utara, dan sejumlah pulau kecil di sekitarnya. Wilayah ini berukuran 965 km dari utara ke selatan dan lebar 515 km dari timur ke barat.
Sumber: Dokumen Kemdikbud Gambar 1.28 Lokasi Negara Inggris
61Ilmu Pengetahuan Sosial
Keadaan Alam -LND GLOLKDW GDUL UHOLHIQ\D ZLOD\DK ,QJJULV WHUEDJL PHQMDGL GXD EDJLDQ yaitu wilayah yang bergunung-gunung di bagian utara dan dataran rendah \DQJ EHUJHORPEDQJ GL WLPXU GDQ VHODWDQ 3HUEHGDDQ UHOLHI LQL PHQXQMXNNDQ adanya perbedaan usia batuan. Batuan berusia lebih tua berada di barat dan utara, sedangkan batuan yang lebih muda berada di timur dan selatan.
Sumber: Dokumen Kemdikbud
Gambar 1.29 Keadaan Relief Inggris
62 SMP/MTs Kelas IX
,QJJULV PHPLOLNL LNOLP VHMXN GDQ EDVDK +DPSLU VHSDQMDQJ WDKXQ VXKX udaranya berada di bawah titik beku. Walaupun demikian, iklim setiap ZLOD\DK GL ,QJJULV FXNXS EHUDJDP +DO LQL WHUMDGL NDUHQD DGDQ\D NHUDJDPDQ UHOLHI JDULV OLQWDQJ GDQ JDULV EXMXU 'DHUDK SHVLVLU EDUDW FHQGHUXQJ OHELK VHMXN dan lebih basah dibandingkan dengan pesisir timur karena adanya pengaruh dari Arus Atlantik Utara yang bergerak ke arah timur melewati pesisir barat. .HDGDDQ \DQJ VHMXN MXJD GLSHQJDUXKL ROHK SXVDW WHNDQDQ WLQJJL $]RUHV \DLWX PDVVD XGDUD WURSLV GL $IULND %DUDW .HDGDDQ ÀRUD GDQ IDXQD WHODK PHQXQMXNNDQ SHUXEDKDQ DNLEDW DGDQ\D aktivitas manusia yang membabat hutan alami untuk kepentingan pertanian GDQ LQGXVWUL +XWDQ SLQXV EHUDGD GL GDHUDK SHJXQXQJDQ 3RKRQ HN GDQ HOP banyak dijumpai pada dataran rendah yang berlempung di Daerah Wales. Selain itu, ditemukan juga tanaman horse chestnut, spruce norwegia, larch -HSDQJ GDQ ¿U GRXJODV Fauna di Inggris banyak yang telah punah pada masa glasial. Beberapa IDXQD NDUQLYRUD VHSHUWL EHUXDQJ GDQ VHULJDOD WHODK SXQDK DNLEDW XODK PDQXVLD Fauna yang masih banyak dijumpai adalah rusa merah scoltlandia. Selain itu, terdapat juga sekitar 400 burung termasuk rajawali emas dari Scotlandia dan belibis merah yang khas dari Inggris.
(a) (b) Sumber: (a) http://pewit.blogspot.com (b) http://2.bp.blogspot.com Gambar 1.30 (a) Belibis Merah dan (b) Rajawali Emas
Sumber Daya Alam /DKDQ SHUWDQLDQ GL ,QJJULV VHEHQDUQ\D WLGDN EHJLWX VXEXU +DQ\D VHEDJLDQ kecil lahannya yang subur untuk pertanian, sisanya hanya berupa tanah gersang yang ditanami rumput. Namun demikian, Inggris memiliki kemampuan untuk
63Ilmu Pengetahuan Sosial
PHQJRODK ODKDQQ\D VHFDUD HIHNWLI VHKLQJJD PDPSX PHPHQXKL NHEXWXKDQ konsumsi dalam negerinya. Komoditas yang ditanam adalah padi-padian, bit gula, barley (barli), kentang, buah-buahan, dan sayuran. Inggris juga mengembangkan peternakan sapi, domba, babi, ayam dan lain-lain. +XWDQ GL ,QJJULV KDQ\D PHOLSXWL VHNLWDU GDUL OXDV ZLOD\DKQ\D Sebagian besar terdapat di dataran tinggi yang ditumbuhi larch, spruce, cemara dan pohon lainnya yang bernilai komersial. Inggris dikenal sebagai penghasil ikan yang cukup besar. Ikan hasil tangkapannya di antaranya terdiri atas ikan haring dan kod. Sumber daya alam lainnya yang dimiliki Inggris adalah hasil pertambangan. Batu bara merupakan hasil tambang yang banyak ditemukan, seperti di Lanarkshire Scotlandia, Pegunungan Penine, Pegunungan Cambrian Selatan, Pegunungan Cumberland, 1RUWKXPEHUODQG 'XUKDP VHUWD EDJLDQ XWDUD GDQ VHODWDQ 6WDIIRUG 6HODLQ EDWX bara, Inggris juga memiliki berbagai jenis mineral lainnya. Mineral-mineral tersebut diantaranya timah putih, tembaga, dan mangan.
Keadaan Sosial Ekonomi
Pada tahun 2013, penduduk Inggris mencapai 64,1 juta jiwa (WPDS, 2013). Angka pertumbuhan penduduknya hanya 0,4% atau tergolong rendah. Sebagian besar dari mereka tinggal di daerah perkotaan yang mencapai angka 80% dari jumlah penduduknya. Kota London dihuni oleh sekitar 12% dari penduduknya, sementara itu daerah bagian utara seperti Scotlandia, Wales dan Irlandia Utara penduduknya jarang. Penduduk Inggris terdiri atas orang Inggris dan sejumlah penduduk SHQGDWDQJ GDUL $VLD GDQ $IULND 2UDQJ ,QJJULV VHQGLUL WHUEDJL DWDV GXD kelompok, yaitu bangsa Kelt (mencakup orang Skot, Irlandia, dan Welsh) dan bangsa Jerman (mencakup orang Anglo, Saxon, Jute, Denmark, dan Norman). Bahasa yang digunakan secara resmi oleh penduduk Inggris tentu saja bahasa Inggris. Sebagian besar (86,9%) penduduknya beragama Kristen. 6LVDQ\D DGDODK SHPHOXN DJDPD ,VODP <DKXGL +LQGX GDQ 6LNK VHUWD \DQJ tidak beragama (ateis).
Hubungan dengan Indonesia +XEXQJDQ ,QGRQHVLD ,QJJULV WHUMDGL NHWLND SDUD SHODXW ,QJJULV GDWDQJ mencari rempah-rempah dan hasil bumi lainnya ke Indonesia. Belanda dengan VOC-nya telah lebih dahulu menguasai perdagangan di Indonesia. Inggris tetap masih dapat menguasai Malaysia, Singapura, dan Australia.
64 SMP/MTs Kelas IX
+XEXQJDQ HNRQRPL GHQJDQ ,QGRQHVLD VDDW LQL WHUOLKDW GDUL DGDQ\D hubungan perdagangan kedua negara. Indonesia mengekspor minyak bumi, EDWX EDUD EDMD IXUQLWXUH SURGXN DODV NDNL NDUHW DODP PHVLQ FHWDN GDQ pakaian. Inggris mengekspor ke Indonesia berupa gandum, mesin pabrik, produk IT, makanan olahan, dan lain-lain. +XEXQJDQ ,QGRQHVLD GDQ ,QJJULV VHPSDW EHUJHMRODN VDDW ,QJJULV PHQMDGL bagian dari Sekutu yang memiliki paham neoliberal yang ditentang Presiden Soekarno. Pertempuran pernah terjadi di Surabaya ketika tentara Sekutu yang di belakangnya terdapat tentara Belanda bermaksud melucuti senjata Jepang dan milisi sipil Indonesia setelah menyerahnya Jepang kepada Sekutu. Namun, pihak Indonesia mencurigai adanya kepentingan Belanda untuk kembali menjajah Indonesia. Akibatnya, terjadi perang antara tentara Sekutu Indonesia. Pada saat Orde Baru di bawah kepemimpinan Presiden Soeharto, hubungan Indonesia Inggris kembali terjalin dengan baik.
4. Jerman
Lokasi
Secara astronomis, Jerman terletak di antara 470-550 LU dan 60-150 BT. /HWDN JHRJUD¿VQ\D EHUDGD GL (URSD 8WDUD GDQ EHUEDWDVDQ GL XWDUD GHQJDQ /DXW Utara, di selatan dengan Austria dan Swiss, di barat dengan Belanda, Prancis, Luxemberg, dan Belgia, di timur dengan Polandia dan Republik Ceko.
Kamu telah mempelajari Inggris sebagai salah satu negara maju di dunia. Carilah informasi dari berbagai sumber tentang indikator-indikator Inggris dikelompokkan sebagai negara maju. Tulislah hasil penelusuran tersebut dalam bentuk laporan. Lengkapi uraian pada laporan dengan gambar.
Aktivitas Kelompok
65Ilmu Pengetahuan Sosial
Sumber: Dokumen Kemdikbud Gambar 1.31 Letak Negara Jerman
Jerman memiliki luas wilayah 356.910 km2. Luas wilayahnya tersebut sebelumnya terbagi dua menjadi Jerman Barat dan Jerman Timur. Proses UHXQL¿NDVL DWDX SHQ\DWXDQ NHPEDOL GXD QHJDUD \DQJ WHUSLVDK PHQMDGLNDQ OXDV wilayahnya merupakan gabungan dua negara tersebut. Setelah penyatuan kedua Jerman, negara ini menjadi Republik Federal Jerman yang dipimpin oleh seorang presiden sebagai kepala negara dan kanselir sebagai kepala pemerintahan.
66 SMP/MTs Kelas IX
Keadaan Alam
Keadaan alam Jerman dapat dibedakan menjadi Dataran Rendah Utara, Dataran Tinggi Tengah, dan Sistem Pegunungan Alpen. Dataran Rendah Utara yang ada di Jerman merupakan bagian dari Dataran Rendah Utara Eropa yang lebih luas, membentang mulai barat daya Prancis sampai Rusia. Dataran Rendah Eropa Utara mencakup pula Denmark, bagian tenggara Inggris, dan bagian selatan Swedia. Dataran rendah tersebut memiliki ciri tanahnya berpasir, tanah liat di sepanjang laut bagian utara dan timur, tanah loss di bagian selatannya. Mengapa kondisi tanahnya seperti itu? Diskusikan dengan guru dan teman kamu.
Sumber: Dokumen Kemdikbud Gambar 1.32 Keadaan Topografi Jerman
67Ilmu Pengetahuan Sosial
Dataran Tinggi Tengah terdiri atas perbukitan, dataran tinggi dan plato. Posisinya diapit oleh Dataran Rendah Utara dan Sistem Pegunungan Alpen di Selatan. Wilayah ini merupakan penghasil batu bara yang mendukung lahirnya Revolusi Industri. Sungai Rhein menjadi prasarana transportasi yang mengangkut hasil pertambangan dan industri dari wilayah ini. 6LVWHP 3HJXQXQJDQ $OSHQ PHQFDNXS 3HJXQXQJDQ +DU] $UGHQHV <XUD GDQ 7KXULQJHQ *XQXQJ =XJVSLW]H P GSO PHUXSDNDQ SXQFDN WHUWLQJJL yang ada kawasan Pegunungan Alpen. Pegunungan Alpen sebenarnya tidak hanya sebatas yang ada di Jerman, melainkan membentang mulai dari Pegunungan Pirenia di antara Spanyol dan Prancis, Pegunungan Dinarik di %DONDQ 3HJXQXQJDQ .DUSDWLD GL (URSD 7LPXU 3HJXQXQJDQ $WODV GL $IULND Utara, dan Pegunungan di Turki. Jerman memiliki iklim kontinen basah. Iklim ini dicirikan dengan musim winter yang dingin dan summer yang hangat atau lebih panas daripada negaranegara di pantai barat Eropa. Pada musim winter, suhu udara sangat dingin karena posisi Jerman yang agak ke dalam sehingga lebih banyak dipengaruhi daratan. Sementara itu, negara-negara yang terletak di pantai barat Eropa UHODWLI OHELK VHMXN NDUHQD DGDQ\D SHQJDUXK $UXV /DXW +DQJDW *XOIVWUHDP GDUL Samudra Atlantik. Pada musim panas, Jerman juga lebih panas dibandingkan dengan negara-negara pantai barat Eropa seperti Prancis, dan Belgia. Umumnya, hujan terjadi pada summer, namun jumlahnya tidak sebesar curah hujan di barat Eropa.
Sumber Daya Alam
Jerman memiliki sumber daya alam berupa batu bara, minyak bumi, mangan, timah hitam, dan besi. Batu bara ditambang di daerah Ruhr, Aachen, dan Sungai Saar. Daerah Ruhr juga menjadi penghasil bijih besi. +XWDQ GL -HUPDQ PHQFDSDL GDUL OXDV ZLOD\DKQ\D .HEXWXKDQ DNDQ kayu tidak dapat dipenuhi dengan mengandalkan hutan di Jerman. Jerman mengimpor kayu dari Finlandia, Swedia, dan Norwegia.
Keadaan Sosial dan Ekonomi
Pada tahun 2013, penduduk Jerman berjumlah 80,6 juta jiwa. Laju pertumbuhan penduduknya adalah -0,2% yang berarti penduduk Jerman mengalami pengurangan. Usia harapan hidup penduduk Jerman mencapai 80 tahun dan sebagian besar (73%) dari penduduknya tinggal di daerah perkotaan. Jerman menjadikan sektor industri sebagai sektor utama dalam perekonomian negaranya. Sekitar 98% pendapatannya diperoleh dari sektor industri, sisanya dari sektor pertanian dan pariwisata. Industri banyak dikembangkan di dekat pertambangan batu bara dan bijih besi seperti di Ruhr dan di sepanjang Lembah Sungai Rhein.
68 SMP/MTs Kelas IX
Walaupun sektor industri berperan dominan dalam perekonomian Jerman, QDPXQ VHNLWDU ODKDQQ\D GLJXQDNDQ XQWXN SHUWDQLDQ +DQ\D VHEDJLDQ kecil saja dari penduduknya yang bekerja pada sektor pertanian. Umumnya, lahan pertanian dikembangkan di Lembah Sungai Rhein. Selain itu, terdapat juga lahan pertanian di pantai utara dekat Sungai Salpater. Lahan pertanian juga dikembangkan di dataran tinggi.
Hubungan dengan Indonesia +XEXQJDQ ,QGRQHVLD -HUPDQ WHODK EHUODQJVXQJ ODPD 6HWLGDNQ\D KXEXQJDQ kedua negara telah dimulai sejak abad ke-16. Pada saat itu, sejumlah pedagang Jerman ikut menumpang kapal Portugis mendatangi wilayah Indonesia. Pada masa kolonialisme Belanda, sejumlah orang Jerman juga datang ke Indonesia GHQJDQ EHUEDJDL SURIHVL VHSHUWL SHJDZDL DGPLQLVWUDVL GL EDZDK .RORQL Belanda, sebagai insinyur, peneliti, dan ilmuwan. Setelah Indonesia merdeka, Jerman melanjutkan hubungan baik dengan Indonesia, tidak hanya antarpemerintah, tetapi juga antara warga Jerman dengan warga Indonesia. Sekitar 250 perusahaan Jerman berbisinis di ,QGRQHVLD \DQJ EHUJHUDN GDODP ELGDQJ WUDQVSRUWDVL IDUPDVL RWRPRWLI GDQ telekomunikasi. Jerman mengimpor tekstil dan garmen, kelapa sawit, kopi, teh, kakao, bahan kimia, karet, tembakau. Indonesia mengimpor produk industri GDUL -HUPDQ VHSHUWL NHQGDUDDQ EHUPRWRU PHVLQ PHVLQ GDQ SURGXN PDQXIDNWXU lainnya. Produk Jerman dikenal sangat berkualitas sehingga banyak diminati konsumen di berbagai negara. Kerja sama Jerman Indonesia tidak hanya dalam perdagangan dan investasi, tetapi juga dalam bidang pembangunan lainnya. Kerja sama tersebut mencakup kesehatan, pendidikan, riset teknologi, dan inovasi. Indonesia sangat berkepentingan untuk alih teknologi dari Jerman yang terkenal dengan keunggulan teknologinya. Dalam bidang pendidikan, Indonesia seringkali mengirimkan mahasiswanya untuk belajar di Jerman. Jerman merupakan salah satu negara dengan kualitas pendidikan terbaik di dunia. Sebanyak 20 universitas di -HUPDQ PDVXN GDIWDU XQLYHUVLWDV WHUEDLN GL GXQLD 7LGDN KHUDQ MLND EDQ\DN negara, termasuk Indonesia, yang mengirimkan mahasiswanya untuk belajar GL -HUPDQ 6DODK VDWX DOXPQL -HUPDQ DGDODK PDQWDQ 3UHVLGHQ 5, 3URI 'U ,QJ %- +DELHELH +XEXQJDQ GLSORPDWLN ,QGRQHVLD -HUPDQ GLPXODL VHMDN WDKXQ NHWLND diresmikannya kantor perwakilan Indonesia di Bonn, Jerman Barat. Indonesia juga menjalin hubungan bilateral dengan Jerman Timur dengan dibangunnya kedutaan Indonesia di Berlin, Jerman Timur. Kedua negara ini selalu saling
69Ilmu Pengetahuan Sosial
PHQGXNXQJ GDODP NHUMD VDPD GL IRUXP LQWHUQDVLRQDO GDQ VDQJDW PHQGXNXQJ tetap berdirinya Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Jerman dan Indonesia menjalin kerja sama dalam G-20 sebuah kelompok negara-negara dengan perekonomian besar di dunia ditambah dengan Uni Eropa. Jerman dan Indonesia juga bekerja sama dalam bidang militer.
Sabtu, 05 November 2016
G. Contoh Negara Maju di Dunia
Share this
Related Articles :
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Paling Dilihat
-
1. Kemajuan pada berbagai bidang kehidupan yang dicapai oleh masyarakat Indonesia hingga saat ini menyebabkan perubahan pola hidup masyarak...
-
JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa mengungkapkan, tahun ini sudah ada satu orang yang ditetapkan sebagai pah...
-
GORONTALO, KOMPAS.com – Gempa bumi sebanyak 138 kali terjadi dalam radius 300 km dari Kota Gorontalo kali mengguncang sepanjang bulan ...
-
Sumber daya alam merupakan pemberian dan anugerah dari Tuhan untuk diolah dan dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya. Sumber daya alam yang ber...
-
Nilai luhur yang dimiliki bangsa Indonesia harus tetap dipertahankan keberadaannya agar tidak tergeser dengan nilai baru yang tidak sesuai d...
-
KAIRO, KOMPAS.com - Salah satu hakim yang menjatuhkan vonis bagi mantan Presiden Mesir Mohamed Morsi, setelah penggulingan pada 2013, l...
-
JAKARTA, KOMPAS.com - Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah mempertanyakan sikap Presiden Joko Widodo yang menyebut kerusuhan di demonstrasi ...
-
Kehidupan manusia tidak dapat dipisahkan dari lingkungannya. Contohnya kita bernapas dari udara dari lingkungan sekitar. Kita makan, minum,...
-
1. Populasi asli Indonesia adalah ras berkulit gelap serta bertubuh kecil dan keturunan dari ras asli ini disebut orang Vedda atau disebut...
-
JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Agama Lukman Hakim Saifudin menegaskan, salah satu karakter Bangsa Indonesia adalah menjaga kerukunan an...
0 komentar
Posting Komentar